Alih Jabatan Perwira TNI


Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/391/X/2005 tertanggal 20 Oktober 2005
Markas Besar TNI menggelar mutasi jabatan di lingkungan TNI. Sebanyak 20 perwira tinggi dan perwira menengah yang dimutasikan, diantaranya, dua pejabat panglima Kodam dan kepala Badan Intelijen Strategis TNI.
Mutasi jabatan di jajaran TNI tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor Skep/391/X/2005 tertanggal 20 Oktober 2005 . Dari surat keputusan Panglima TNI itu tercatat sebanyak empat perwira di lingkungan Markas Besar TNI dimutasikan. Kemudian, sembilan perwira di jajaran Markas Besar TNI-AD, dua perwira dari Lemhanas, tiga perwira di lingkungan Dephan, dan dua perwira yang bertugas di Kantor Menkopolhukam.

Sembilan perwira tinggi dimutasikan antarjabatan. Diantaranya pangdam IX/Udayana Mayjen Harry Tjahjana yang dimutasikan untuk menempati posisi Asisten Operasi Kepala Staf Umum (Asops Kasum) TNI menggantikan Mayjen TNI Adam Damiri yang menjadi Pati Mabes TNI. Jabatan Pangdam IX/Udayana diisi Mayjen TNI Zamroni yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Bidang Kewarganegaraan Lemhanas. Termasuk dalam sembilan  pati yang dimutasikan antar jabatan adalah Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Tri Tamtomo yang menempati jabatan sebagai Widyaiswara Utama Bidang Kewarganegaraan di Lemhanas. Posisi yang ditinggalkan Tri Tamtomo akan diisi Mayjen Lilik AS Sumaryo yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri-2/Kostrad. Selain itu, Markas Besar TNI memutasikan pula Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI Mayjen TNI (Mar)  Moch Luthfie Wittoeng yang menjadi pati Mabes TNI-AL. Sedangkan jabatan Kabais masih akan menunggu pengisiannya sesuai hasil pelaksanaan mutasi yang akan datang.
Keseluruhan pejabat TNI yang mengalami mutasi berjumlah 20 orang. Tiga diantaranya dalam rangka memasuki masa pensiun. Selain Adam Damiri, dua orang lainnya adalah, Brigjen TNI Soehartono, Kasdam V/Brawijaya yang menjadi Pati Mabes TNI-AD, serta Mayjen TNI (Mar) Moch. Luthfie Wittoeng, Pati Mabes TNI-AL, yang sebelumnya menjadi Kabais TNI.
Sementara itu, dilingkungan TNI AU mutasi dilakukan atas Marsma Achmanu Arifin yang semula menjabat sebagai Dir G? Bais TNI dan kini akan menjadi pati Mabes TNI-AU.
Sedangkan untuk promosi jabatan terdapat 7 orang masing-masing Brigjen TNI Djoko S. Utomo Kasdam VI/TPR menjadi Pangdivif 2/Kostrad, Kolonel Inf Hatta Syafrudin Paban III Wanwil Sterad manjadi Pati Ahli Kasad Bidang Ideologi Politik, Kolonel Inf Soetan Loebis Danrem 041/Gamas Kodam II/SWJ menjadi pati Ahli Kasad bidang Hukum dan Humaniter, Kolonel Tek Agus Herry Sukmadi Paban Utama C-3 Dit C Bais TNI menjadi Dir G Bais TNI, Kolonel Cpm Suryo Hariyanto, S.IP kasubdit Rendik Rendik Ditprogdik Debid Dik Lemhannas RI menjadi Widyaiswara Madya Bidang Hankam Lemhannas RI, Kolonel Czi Baso Amirullah Asisten Urusan Koordinasi Mekanisme dan Fungsi Politik Menkopolhukam menjadi Asisten Urusan Koordinasi Budaya Politik dan Disiplin Nasional Menkopolhukam, dan Kolonel Tek Bambang Budiono, S.IP Asisten Urusan Koordinasi Pendidikan dan Hak Politik Menkopolhukam menjadi Asisten Urusan Koordinasi Tata Ruang Nasional Menkopolhukam.